• Home
  • Kajian Rutin Bekasi
  • Tentang Saya

    Rabu, 14 November 2012

    Organisasi Komputer



    Organisasi Sistem Komputer
    Cara kerja sebuah komputer dapat dideskripsikan dengan sederhana . Secara umum masing-masing bagian dapat kita rinci sebagai berikut.
    Central Processing Unit
    Central Processing Unit (CPU) berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan pemrosesan data. Pemroses mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama, men-dekode instruksi menjadi aksi-aksi sederhana dan melaksanakan aksi-aksi ini.
    Memory
    Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc.
    Data Bus
    Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar-modul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16, 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya  CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.
    Address Bus
    Address Bus digunakan  untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16,  20, 24  atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem.  Sebagai contoh bila CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).

    Control Bus

    Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.  Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.
    Input/Output (I/O) Ports
    Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung melalui port ini.
    Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain yaitu input, proses, dan output.


                  Gambar . Satu unit komputer








    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar